Menyambut Siswa dengan Salam Pagi adalah Pembiasaan dan Keteladanan yang Baik

            

Pendidikan karakter di SDIT Taruna Al Qur’an salah satunya yaitu ditumbuhkan dengan pembiasaan dan keteladanan salam di pagi hari, saat menyambut kedatangan siswa ke sekolah. Kegiatan tersebut di samping bentuk dari pembentukan karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa juga sebagai pelayanan prima kepada orang tua siswa yang telah mempercayakan mendidik putra-putrinya di sekolah ini.

Menyambut kedatangan siswa merupakan kegiatan rutin dan sudah terjadwal. Guru piket menyambut kedatangan siswa di pintu gerbang sekolah mulai pukul 06.25 – 07.00 pagi. Siswa yang datang baik diantar orang tua atau sendiri, langsung check suhu, cuci tangan menggunakan sabun tangan dan air mengalir, setelah itu menghampiri guru untuk mengucap salam. Karena kondisi masih belum normal sepenuhnya dari pandemi covid-19, jadi untuk sementara siswa tidak bersalaman dulu dengan guru.

Selain guru mengucap/menjawab salam, guru juga akan memberikan kata-kata motivasi dan teguran bagi siswa yang tidak berseragam sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Hal tersebut dilakukan untuk membiasakan siswa berkomunikasi dengan guru dan agar terjalin kedekatan dan keakraban guru dengan siswa. InsyaAllah kegiatan ini akan menciptakan suasana yang kondusif di sekolah.

Tujuan dan harapan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa hormat siswa terhadap guru dan orang lain terutama kepada yang lebih tua untuk melakukan kebiasaan Senyum, Salam, Sapa setiap bertemu

 

Nurul Aini, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *